Sistem Informasi Akademik Problem Based Learning (SIA PBL) Di Fakultas Kedokteran UMY (Bagian 1)

4 11 2009

SIA PBL 2006Sudah lama tidak ngupdate blog ini.. selain praktek, juga oleh karena berbagai kesibukan baik di kampus maupun di luar kampus sebagai konsultan SIM RS. Ya sekedar sharing knowledge saja tentang .Net Framework pada pengembangan sistem informasi akademik untuk kurikulum problem based learning (PBL) pada pendidikan kedokteran terutama yang sudah kami kembangkan selama ini di kampus  FKUMY (alamamater dan juga tempat berkarya saya saat ini).

Sedikit cerita dulu… biar aga “heroik” sedikit… hehe..

Awal mula pengembangan SIA PBL 2006 ™ ini mengalami masa sejarah yang tidak pernah saya lupakan, pengalaman dengan developer “fiktif” yang tidak jelas alamat kantornya yaitu PT. GESINDO SURIN sangat membekas sampai sekarang. Saat itu (tahun 2004) saya masih belum terlibat dalam pelolosan developer tersebut untuk mendapatkan proyek senilai hampir setengah M (+ 450 juta — software+ hardware) yang ternyata hangus dilalap kebohongan dan ketidakprofesionalan pengembang. Hehe.. kini tinggal puing-puing hardware rakitan glodok yang menumpuk di ruang server kami.. Pada akhirnya saya mendapat amanah dari pimpinan untuk mengawal proyek itu setelah berjalan 1 tahun untuk diimplementasikan pada tahun 2004. Awal memegang kendali developing belum merasakan keanehan-keanehan produk GS itu. Namun dengan berbekal dokumen requirement yang ada (meskipun asal-asalan) saya bisa turut mencicipi betapa buruknya struktur database dan relasi-relasinya maupun logika alur business process nya. Dan lebih parahnya lagi proyek ratusan juta itu hanya bisa dipakai untuk satu angkatan saja (dengan mahasiswa tidak lebih dari 200 mahasiswa) karena ketika digunakan pada mahasiswa angkatan 2005 semua table mengalami duplikasi.

Akhirnya saya mengambil keputusan untuk putus kontrak dengan PT.GS itu dengan berbagai pertimbangan baik keuntungan maupun resikonya. Kemudian akhirnya kami susun ulang bersama-sama dengan tim dari rekan-rekan fakultas teknik (Dwijoko, Helmizain, dan Saiful anwar) yang tergabung dalam Medical Information Supporting Unit (MISU) tahun 2005 untuk mengganti total SIMAKPBL 2004 karya PT. GS itu.

Hasil analisa masalah yang menjadi pertimbangan utama adalah sebagai berikut :

  1. SIA PBL 2004 sudah tidak layak lagi digunakan
  2. Sebagian besar user sudah familiar dengan windows dan internet explorer.
  3. Cukup mendesaknya kebutuhan seiring dengan terus berjalannya proses belajar mengajar tetapi proses penilaian terhenti sehingga bisa dikatakan “gawat yang darurat” artinya gawat yang membutuhkan terapi segera
  4. Platform yang paling handal (saat itu) masih milik Microsoft .Net Framework baik dari segi keamanan maupun support system yang disediakan Microsoft.
  5. Universitas sudah memiliki software lisensi Microsoft selain windows XP dan MS Office 2003 yaitu :
    1. MS Windows Server 2003
    2. Visual Studio
    3. MS Visio 2002
    4. MS SQL Server 2005
  6. Serta alasan yang sangat penting adalah proses belajar mengajar tidak bisa dihentikan sehingga alur nilai terus menerus bertambah, sedangkan SIA PBL 2004 sudah tidak mampu lagi mengkover masalah.

Nah.. lalu ahirnya kami dihadapkan pada 2 pilihan, model KSO atau swakelola, namun dengan mempertimbangkan berbagai keuntungan dan kerugian akhirnya saya dan tim memutuskan untuk merekrut programmer secara perorangan untuk membuat baru SIA PBL berdasarkan arahan dan instruksi dari tim MISU saat itu.

Lalu SIMAKPBL 2004 kita rilis ulang menjadi SIA PBL 2006 ™ dengan karakteristik dan keunggulan sebagai berikut :

  1. Mampu mengelola kurikulum dengan sistem Problem Based Learning (PBL) yang khas dengan kegiatan TUTORIAL dan perkuliahan dalam bentuk BLOK
  2. Sistem lebih stabil dan sangat dinamis mengikuti pola kebijakan PBL klasik maupun KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) sesuai dengan Standard Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI)
  3. Memiliki fasilitas-fasilitas unggulan seperti :
    1. Bank Soal
    2. Item analisis (Analisis tingkat kesulitan soal ujian)
    3. Blokset
    4. Opscan Nilai
    5. Terintegrasi dengan SIA PBL 2006 Online dan SMS Gateway
    6. Format laporan sesuai dengan EPSBED (Drjen DIKTI)
    7. Terintegrasi dengan sistem presensi barcode (MISU Sign System) dan jadwal kuliah
  4. .Net framework sangat aman dari virus maupun bugs
  5. Dapat diakses dengan menggunakan Internet Explorer dan browser lain tanpa harus menginstal apapun di PC Client.
  6. dll

(bersambung ke bagian 2 – Fitur-fitur SIA PBL 2006 ™ )

About these ads

Actions

Information

3 responses

23 12 2010
Tuti Nuraini

Program SIA PBLnya bagus ya. Kapan-kapan saya mau belajar.

23 12 2010
Syaiful Fatah

Terima kasih komennya. Akan lebih bagus lagi jika bisa memberikan kemudahan dan manfaat. Selamat belajar. Silahkan jika ingin mengeksplorasi SIAPBL 2006 kami.

2 01 2011
2010 in review « Blog Syaiful Fatah

[...] Sistem Informasi Akademik Problem Based Learning (SIA PBL) Di Fakultas Kedokteran UMY (Bagian 1) November 20092 comments 3 [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: