UMLS sebagai Diagnosis Decision Supporting System

15 03 2009

Baru saja terinspirasi.. saat disibukkan dengan proyek pengembangan sistem informasi RS di PKU Muhammad Gombong, kami beri nama SIRST (Sistem Informasi RS Terpadu). Namun masih belum menemukan apa sebenarnya komponen “T” disini. Terpadu disini tidak hanya menggabungkan semua modul aplikasi (Ralan, Ranap, Manajemen, Enterprise Resource Plannning/ERP) namun juga bagaimana ‘T’ ini bermakna menggabungkan SIRST ini dengan RS Induk (Rujukan) yang lebih lengkap. Sehingga pasien yang tidak mampu dilayani di RS PKU Muhammadiyah Gombong ini bisa dirujuk ke tingkat diatasnya tanpa pasien harus mendapat Nomor MR (Medical Record) lagi dari RS rujukan tersebut. Misalnya ke PKU Muhammadiyah Yogyakarta yang sesama amal usaha Muhammadiyah namun memiliki fasilitas yang lebih lengkap.

Perjalanan klinis pasien yang selama ini sudah terekam di SIM RS PKU Muhammadiyah Gombong langsung bisa diakses oleh PKU Yogyakarta, tinggal menambahi riwayat perawatan yang dilakukan saja. Semoga bisa terwujud, barangkali ada dari blogger yang bisa membantu mohon kirimkan sarannya.

Kedua, mengenai UMLS. NLM (National Library of Medicine) baru-baru ini meluncurkan proyek pengembangan UMLS. Tujuan dari NLM Unified Medical Language System (UMLS ®) adalah untuk memfasilitas pengembangan sistem komputer yang bisa bertingkah seakan-akan mereka “memahami” arti dari bahasa biomedicine dan kesehatan. Fungsi utamanya adalah bisa menggabungkan berbagai data kesehatan misalnya patient records, scientific literature, guidelines, dan public health data. Resources yang dimaksud itu meliputi Metathesaurus, Semantik Network, dan SPECIALIST Lexicon.

Kalau saja di Indonesia data-data tersebut dapat diintegrasikan, tentu akan menjadi sumber penelitian baru untuk membuat diagnosis-diagnosis yang lebih tepat sehingga manajemen penyakit dapaat lebih terarah dan efektif.


Actions

Information

4 responses

15 03 2009
syaiful fatah, dr.

bangun dong ayah…lanjutin nulis blognya…nda mau baca lanjutannya…

4 06 2009
richard roesnadi

Contoh Software SIMRS yang “real terpadu” bisa didownload informasinya, lihat ke 14 modul dan saling integrated datanya: dapat didownload dialamat dibawah:

http://www.4shared.com/get/109304265/7a44931e/PROPOSAL_SIMRS.html

Salam
Richard Roesnadi

7 10 2010
sibermedik

wah terima kasih pak, tulisannya sangat membantu…salam kenal…

7 10 2010
Syaiful Fatah

sama-sama mas, semoga tulisannya bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: