Banyak Belajar dari EHR PMPK UGM di RSCM, catatan singkat perjalanan 2 hari

25 04 2009

 

dsc_01891Hari ini terasa melelahkan sekali.. entah kenapa sejak berangkat dari jogja sudah agak kurang mantab dengan keputusan untuk ke Jakarta hari ini. Mulai dari load kerjaan di fakultas yang selalu tinggi menjelang kepergian, ditambah lagi dengan urusan keluarga oleh karena baru pindah rumah 2 hari yang lalu hingga keterlambatan kedatangan Argo Dwipangga hingga 2 jam 57 menit dari jadwal semula. Begitu sampai di gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di daerah Menteng, ternyata penghuni kamar yang dipesan belum check out, terpaksa mandi di kamar mandi kantor MKKM.

Namun tidak berarti perjalanan ke Jakarta ini menjadi kekurangan makna. Ternyata banyak yang saya dapat dari RSCM tentang administrasi pasien rawat jalan dan rawat inap terutama tentang standard data dan standar kode diagnosis. Ada beberapa hal penting yang bisa diambil bahwa dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen RS harus memenuhi standard-sandar international. Di Indonesia belum banyak vendor yang mengembangkan SIM RS yang support terhadap pertukaran data klinis pasien ke komunitas internasional. EHR system di RSCM ini (dikembangkan oleh PMPK UGM) ternyata sudah sedemikian kompleks memasuki era globalisasi data kesehatan yang uniq. Beberapa kelebihan EHR yang ada ini antara lain:

  1. UMLS, merupakan library of biomedical vocabulary dari berbagai istilah kedokteran di dunia. Dikembangkan oleh National Laibrary of Medicine sejak lebih kurang 15 tahun yang lalu, saat ini memiliki banyak vocabulary terpadu didalam UMLS metathesaurus diantaranya NCBI taxonomy, Gene Ontology, Medical Subject Heading (MeSH), OMIM dan Digital Anatomist Symbolic Knowledge Base. Dapat dibayangkan jika suatu SIM RS yang terdapat modul clinical database mengentri setiap diagnosis kemudian tekait dengan gejala-gejala yang ada, maka suatu ketika semantik web merekamnya menjadi sebuah informasi maka informasi tersebut akan diolah oleh computer akan dihasilkan berbagai probabilitas diagnosis terkait.
  2. PACS (Picture Archiving Communication System). Standard pertukaran data image antar device sehingga memungkinkan untuk mengintegrasikan dengan informasi klinis pasien. Data image tersebut suatu saat bisa dianalisa ulang (retrieval) untuk membantu memecahkan masalah kesehatan. Siemens, GE, adalah beberapa contoh perusahaan alat medis yang menyediakan perangkat software PACS pada setiap instalasinya.
  3. HL7 (Health Level 7) merupakan rujukan para pengembang SIM RS untuk melakukan pengkodan data-data klinis secara teratur berdasarkan ANSI (American National Standard Institute) untuk data exchange, sharing, integration, dan retrieval informasi kesehatan elktronik antar Sistem Informasi Kesehatan. 
  4. SNOMED (Systematized Nomenclature of Medicine)
  5. SNOMED – CT

Pada hari kedua saya lebih banyak berdiskusi tentang pengelolaan organisasi IT di rumah sakit dan inovasi-inovasi yang diperlukan untuk melakukan akselerasi. Banyak programmer di Tanah Air ini yang mungkin merasa kurang dihargai jika berkecimpung di dunia kesehatan. Sebaliknya tuntutan pengembangan teknologi dibidang system informasi kesehatan semakin lama semakin besar, tidak hanya terbatas pada Billing System, Pharmacy System tapi lebih daripada itu yakni Medical Record – Control dan Management hingga pada Clinical Decision Support System.

Pentingnya IT di RS tidak hanya sekedar sebagai alat bantu, tetapi harus mampu menjadi target dan media pengembangan ilmu kedokteran masa depan. Kebanyakan RS masih menganggap sepele sector teknologi informasi, dan tidak sedikit yang masih berfikir bahwa core business RS adalah pada pelayanan kesehatan, bukan pada teknologi informasi, hal ini menyebabkan banyak sekali RS yang setelah sekian lama mengembangkan SIM mengalami kegagalan pada titik waktu tertentu.

Ini tantangan besar bagi saya dan tim PMPK FK UMY untuk menciptakan SIM RS khas untuk amal usaha kesehatan Muhammadiyah Aisyiah sebagaimana telah ditargetkan dalam Business Plan PMPK FK UMY. 


Actions

Information

One response

8 07 2009
andangcharisma

hum.. mantab bener artikel nya mas..
trimakasih infonya yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: