SIA PBL 2006 Fakultas Kedokteran (Bagian 2.a)

4 11 2009

SIA PBL 2006 TMSebelum saya lanjutkan ke fitur2 SIA PBL 2006 ™ saya ingin menyampaikan terlebih dahulu aspek teknis yang dirancang dalam system ini, semoga bermanfaat

FKUMY SIA System PBL

  1. Server-server untuk SIA PBL 2006 ditempatkan dalam DMZ. Akses kontrol ke dalam DMZ diatur oleh router dan firewall. Aturan dasar dari firewall adalah “Deny All”.  Port akses kedalam DMZ adalah port 25 (SMTP), port 80 (http) dan port 443 (https). Khusus untuk keperluan remote dekstop akan dibuka port 3363 (remote desktop).
  2. Akses ke DMZ dapat dilakukan melalui TCP/IP, baik Intranet maupun extranet. Intranet digunakan oleh administrasi internal kampus. Extranet digunakan oleh pihak ketiga yang berkepentingan untuk mengakses SIA PBL 2006, misalnya rumah sakit dan bank. Akses extranet dilakukan melalui jaringan internet.
  3. Seluruh server menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 2003 Server.
  4. Pada database terdapat dua server yang keduanya menggunakan Microsoft SQL Server 2005.
  5. Database pertama digunakan untuk OLTP dan business logic yang melayani traksaksi SIA PBL 2006.
  6. Database kedua merupakan replikasi database pertama yang digunakan untuk Data Warehouse, OLAP, dan Reporting Service.
  7. Application server merupakan server yang beriteraksi secara langsung dengan user.
  8. Applicatoin server, selain terhubung dengan jaringan LAN, juga terhubung dengan GSM modem untuk menjalankan aplikasi SMS.

Logical Architecture

SIA PBL Logical architecture

Pembangunan SIA PBL 2006 didasarkan pada :

  1. Seluruh server menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 2003 Server
  2. Server DBMS menggunakan Microsoft SQL Server 2005
  3. SIA PBL 2006 dibangun menenggunakan .Net Framework versi 2.0
  4. Coding SIA PBL 2006 menggunakan .Net Framework native language VB .Net atau C#

SIA PBL 2006 menggunakan model n-tier architecure. Logical architecture SIA PBL 2006 dapat dilihat pada gambar diatas.

  1. Pada presentation layer, SIA PBL 2006 dapat diakses menggunakan 3 cara, yaitu web browser, Win Application, dan SMS. Pada layer ini hanya sebagai presentation atau user interface. Walaupun menggunakan windows application, tidak ada business logic yang diletakkan pada sisi user.
    1. Web Browser : penggunaan web browser didasari pertimbangan pada komputer user. Komputer user tidak memerlukan instalasi khusus untuk mengakses SIA PBL 2006. Komputer user hanya digunakan untuk mengakses SIA PBL 2006 dan tidak mempunyai device khusus yang berhubungan dengan operasional business proses FK.
    2. Windows  application: user dapat mengakses SIA PBL 2006 menggunakan software aplikasi windows yang dibangun untuk keperluan SIA PBL 2006. Hal ini dimungkinkan untuk aplikasi-aplikasi tertentu. Pertimbangan yang harus diperhatikan untuk menggunakan windows application adalah spesifikasi PC client harus memenuhi persyaratan untuk menjalankan applikasi dengan .Net Framework versi 2.0, dan PC client terhubung dengan device khusus yang diperlukan untuk operasional business proses FK. Akses business logic SIA PBL 2006 dari windows application dilakukan dengan cara memanfaatkan web service yang dibangun pada sisi business tier. Windows application tidak dapat mengakses langsung ke database, tapi harus menggunakan protokol http.
    3. Cell Phone: akses dari cell phone dilakukan menggunakan SMS. SMS digunakan untuk melayani penyebaran informasi yang diperlukan oleh civitas academic FK (optional) melalui telpon seluler.
    4. Firewall, digunakan untuk membatasi akses ke dalam DMZ. Akses ke server SIA PBL 2006 hanya diperbolehkan menggunakan protokol http.
    5. Web server,  dingunakan sebagai interface utama pada server SIA PBL 2006 ke user. Pada web server diletakkan web application, web services, dan deployment server.
    6. Web application, digunakan untuk memberikan layanan akses SIA PBL 2006 melalui web browser. Web form untuk user interface aplikasi SIA PBL 2006 diletakkan pada bagian ini.
    7. Web service, digunakan untuk memberikan layanan akses SIA PBL 2006 melalui windows application. Semua web method untuk akses business logic SIA PBL 2006 diletakkan pada bagian ini.
    8. Deployment Click One, digunakan untuk keperluan deployment dan installasi software windows application. Instalasi software pada PC user dilalukan menggunakan teknologi Click One. Hal ini bertujuan untuk mempermudah deployment dan kontrol pada saat update software user.
    9. SMS service, digunakan untuk memberikan layanan SMS untuk akses SIA PBL 2006 melalui cell phone (optional).
    10. Busines logic. Bagian ini merupakan business layer, dimana terdapat library dari business logic untuk business proses SIA PBL 2006. Busines logic dapat ditempatkan pada dua tempat, pertama sebagai library pada application server, dan kedua pada server DBMS. Bagian ini juga merupakan interface antara  web application, web service, dan sms service, dengan DBMS.
    11. DBMS OLTP. SIA PBL 2006 menggunakan dua DBMS. DBMS pertama dingunakan untuk OLTP yang melayani seluruh transaski proses binis SIA PBL 2006. Pada bagian ini juga ditempatkan busines logic yang langsung berhubungan dengan proses database. Business logic pada bagian ini dapat berupa store procedure dan CLR (Common Language Runtime). Diutamakan busines logic ditempatkan pada bagian ini.
    12. DBMS OLAP. Bagian kedua DBMS SIA PBL 2006 digunakan sebagai OLAP. DBMS OLAP merupakan replikasi dari DBMS OLTP yang digunakan untuk keperluan datawarehouse, integrasi, analysis, dan reporting.  Selain database engine, pada bagian ini dijalankan SSAS (SQL Server 2005 Analysis Services),  SSIS (SQL Server 2005 Integration Services), dan SSRS (SQL Server 2005 Reporting Services). Akses reporting service oleh user dilakukan melalui web browser.

Actions

Information

3 responses

17 06 2010
hendito

jika inves besar. pakai VPN akan lebih aman kuwi cak. hehehe

17 06 2010
Syaiful Fatah

apane sing pake VPN cak? budgetnya besar belum sebanding dengan outputnya. RS masih sebatas bersifat pasif atau searah. kebutuhannya pun hanya data-data yang tidak terlalu besar.

3 07 2010
satya

kok DBMSnya masuk ke DMZ juga ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: