Berbagi Pengalaman Implementasi OpenEMR di Asri Medical Center UMY

21 02 2010

Dipercaya untuk mempersiapkan beroperasinya Asri Medical Center milik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta hanya dalam waktu 2 bulan bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan. Dari sisi penggunaan software medical record, AMC belum memiliki standard baku operasional yang siap untuk dikembangkan dalam software. Layaknya rumah sakit yang baru berdiri, belum memiliki pengalaman dan kebutuhan yang tergambar jelas bentuk pelayanannya. Beberapa yang bisa kami catat garis besarnya adalah implementasi Rekam Kesehatan Elektronik secara total yang meliputi:

  • Appointment
  • ePrescribing
  • Billing System dan
  • Electronic Medical Record

Namun ke-empat requirement tersebut sama sekali belum terdefinisi secara jelas dan terukur. Sebuah pilihan sulit sehingga mau tidak mau kami harus terlibat dalam penyusunan kebijakan. Pilihan ini memiliki 2 makna, disatu sisi kami bisa mengarahkan untuk membuat standard disisi lain kami adalah developer yang dituntut memenuhi kebutuhan itu. Analisis pertama yang memungkinkan adalah menentukan software yang dipakai sehingga bisa mengarahkan kepada ketersediaan fungsi aplikasi didalamnya yang sesuai dengan kebutuhan AMC. Jika dilihat dari model bisnisnya, AMC bukanlah rumah sakit karena didalamnya tidak mengelola rawat inap (inpatient) tetapi lebih mirip pusat layanan spesialistik atau rawat jalan (outpatient).

Bersama tim PMPK, kami merancang schedule proyek dengan berbagai pertimbangan dan berbagai kemungkinan kegagalan. Susunan jadwal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Tahap     I     : Analisis Masalah
Tahap     II    : Pengumpulan data Kebutuhan
Tahap III    : Analisis software OpenSource
Tahap IV    : Desain Core System
Tahap V    : Developing
Tahap VI    : Implementasi dan pelatihan
Tahap VII    : Analisis masalah tahap II
Tahap VIII    : Desain prototipe
Tahap IX    : Update software
Tahap X    : Implementasi
Tahap XI    : Pelatihan
Tahap XII    : Pendampingan

Pada tahap analisis masalah, kami dapat menemukan adanya kekuatan penting implementasi oemr yakni perawat dan dokter memiliki kemauan tinggi untuk  menggunakan aplikasi. Masalah yang timbul justru pada sistem akuntansi dan keuangan yang belum terstandarsisasi. Padahal inti dari billing system ada pada sistem akuntansinya.

Tantangan itulah yang ternyata mampu diakomodasi oleh oemr dengan fasilitas settingan layanan dan tarif yang sangat dinamis meskipun defaultnya tidak menggunakan prinsip Casemix. Penerbitan Invoice dan Receipt tidaklah sulit disesuaikan dengan kebutuhan, hanya disini kami kesulitan menambahkan tabel nomor kuitansi pada database karena relasinya sangat njelimet  dan berhubungan dengan tabel2 lain yang cukup banyak.

Dari sisi EMR / clinical documentation nya, OEMR ternyata bisa dimodifikasi sesuai dengan format lembar pemeriksaan dokter AMC yang sangat sederhana. Kodifikasi penyakit sudah include dengan ICD-10 dan kodifikasi prosedur tindakan juga sudah inclute ICD-9CM.

Beberapa kelemahan OEMR adalah desainnya yang kurang menarik dan artistik, laporan2 keuangan tidak lazim u/ Indonesia, istilah-istilah tabel dalam database juga kurang lazim. Hanya itu saja, tapi kelemahan itu hanya masalah waktu saja.

Demikian sedikit share pengalaman kami, dan alhamdulillah sampai sekarang belum ada masalah yang berarti dalam implementasinya. AMC sangat mengapresiasi hal ini karena harganya tidak mencapai ratusan juta rupiah tapi kualitasnya hampir sama dengan software yang ratusan juta rupiah.

Jadi siapa mau coba?


Actions

Information

15 responses

19 04 2010
blogbeken

Mas Syaiful Fatah, salam kenal…
Saya baru saja download openEMR, kayaknya oke juga…
Kira-kira ada ga ya tutorial openEMR baik untuk user atau developer, karena di websitenya kelihatan link user manualnya error. Tks ya….

19 04 2010
Syaiful Fatah

terima kasih blogbeken, salam kenal juga..
Memang openEMR ini dari segi struktur data adalah yang paling mudah dan komplit untuk klinik sederhana bahkan rumah sakit tipe D tanpa fungsi akuntansi yang rumit. Versi terbaru yang direlease adalah versi 3.2 dimana versi inilah yang kami kembangkan di AMC UMY. Jika gak sabar sedikit versi 4.0 akan segera di release besok bulan Juli-agustus 2010, namun dalam forum diskusi developer belum memberikan clue apa saja fitur tambahannya.

Untuk tutorialnya saya kira link nya masih sehat koq, 1 minggu yll saya masih bisa download. coba saja di link bawah ini
http://www.openmedsoftware.org/wiki/Main_Page#User_Manuals
kemudian anda cari apa yang ingin diketahui.

Jika masih belum jelas silahkan kirimkan email atau lewat forum ini juga boleh.

Thanks dah mampir blog saya.

4 05 2010
hendito

manstab cak. keren dah implementasinya

4 05 2010
Syaiful Fatah

weh.. mas Mandra rek..! kok iso nemu blog ku? ya wis suwun mampire. biar kecil tapi berhasil. kuwi sing biyen arep tak jaluki tulung golekke programmer, akhire nemu penggantine. sori biyen ngrepoti.

29 06 2010
patenpisan

openemr memang keren, tapi yang sangat menggangu menurut saya, menu searchnya, kok pake nama belakang. sedangkan kalo indonesia kan biasanya pake nama depan. Gimana caranya mensiasatinya. Thanks

2 01 2011
2010 in review « Blog Syaiful Fatah

[…] Berbagi Pengalaman Implementasi OpenEMR di Asri Medical Center UMY February 20105 comments and 1 Like on WordPress.com, 5 […]

22 09 2011
Wahyu Setiawan

apa kabar mas fatah. aku sudah coba openeme..waduhh. berat

10 10 2011
Hari

Salam,
Mas, saya coba pakai oemr juga, tapi kok masih icd-9 ya? cara setting biar pakai icd-10 gmn?

Matur nuwun

28 10 2011
Syaiful Fatah

Wassalaam
Benar mas Hari, jadi memang ada 2 yang akan kita temukan disana. ICD 9 yang di OpenEMR itu ICD-9CM untuk kode tindakan (procedure) sedangkan ICD-10 adalah kode diagnosis. jadi setiap satu record pasien kita bisa definisikan ICD-9CM dan ICD-10 nya.

Demikian, selamat melanjutkan oprek2nya…

26 10 2011
asep

koq lama ea mas broo waktu aq maw install ni progam

28 10 2011
Syaiful Fatah

@mas asep: maksudnya lama proses installnya atau penyesuaiannya?

9 12 2011
wahyu

coba data base versi 4 , sudah ku transalate indonesia ini link

http://www.indowebster.com/download/files/openemr_db_sql

28 03 2012
Sayyid Ilmy

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

saya masih baru di openEMR ini..
Saya merintis Usaha pengembangan sistem kesehatan. salah satunya menggunakan openEmr ini.,.,. sebagai Developer Yg baru.,., bagaimana cara meng.oprek-oprek openEMR ini agar bisa mengenal struktur Coding.nya.,., supaya lebih mudah Cuztomize Form2 nya, sesuai dengan yang diminta Klien..,.

saya sudah Add YM mas fatah.,,,., saya ingin diskusi lebih lanjut tentang oEmr ini mas..

makasih

11 06 2013
Ginanjar Sumantri

Mas saya pakai Openemr cara untuk mengirim pesan ke pasien bagaimana yah? saya coba untuk mengirim pengingat tapi saya bingung.. mohon pencerahannya..

29 11 2013
Naina

Hi guys,

Thanks for all using openemr.If you have any qus in openemr.we are glad to assist you

email : naina@capminds.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: