Tentang saya

Akhmad Syaiful Fatah Husein, dr.

Mojokerto, Jawa Timur, 1 Mei 1981

SDN Mojorejo, SMPN 1 Pungging, SMUN 1 Kutorejo, Jatim. Politeknik Informatika STENKO di Jogja tahun 98 – 2000. FK Univ Muh Yogya tahun 2000 – 2007. Staff di Bagian Histologi, Koordinator MISU (Medical Information Supporting Unit) FKUMY dan Kepala Departemen Health Informatics FKUMY 2008-sekarang. Juga diamanahi Kepala Divisi Teknologi Informasi – Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK FKUMY) 2009 – sekarang.

Bidang perkerjaan utama saya adalah mengembangkan IT untuk Pendidikan Kedokteran dan Ilmu Kedokteran yang lebih dikenal dengan Medical Informatics. Salah satu yang sedang saya kerjakan adalah aplikasi rekam medis elektronik (Electronic Medical Record) berbasis web yang menggabungkan database antar rumah sakit jejaring pendidikan untuk bahan pembelajaran mahasiswa di tingkat sarjana, sistem ini kami namakan eHospital.  Saat ini sedang menangani SIM RS di Asri Medical Center UMY menggunakan OpenEMR dan RSIA ‘Aisyiyah Klaten aktif dibeberapa forum Informatika Kedokteran dan membimbing skripsi S1 di bidang yang sama.

Keinginan saya menulis dalam blog ini tidak terlalu muluq-muluq (ndakiq=kata orang yogya) yaitu hanya mengungkapkan ide-ide saya aja supaya tidak hanya jadi bahan omongan, tapi jadi kenyataan. Utamanya mengajak rekan-rekan yang peduli dengan kedokteran masa kini dan juga para dokternya agar lebih punya wawasan lain, tidak melulu mengandalkan praktik klinik. Gaya penulisan saya mungkin terkesan agak resmi karena sudah terbiasa dengan lingkungan akademis kali ya..! Silahkan rekan-rekan mengomentari secara bebas dan tidak terbatas, saya dengan senang hati menerima dan memfasilitasi.

Mengenai pribadi mungkin tak layak publikasi, sebab tidak terlalu indah untuk dikenang.. hehe..

Beberapa proyek yang masih telah saya kerjakan hingga sekarang a.l:

Karya Ilmiah:

” Pembangunan Website Kesehatan Sebagai Media Alternatif Pelayanan Kesehatan Masyarakat Primer dalam Sistem Telemedika Puskesmas” – Karya Tulis Ilmiah program Sarjana Kedokteran FKUMY, pembimbing:  Prof. DR. dr. KRT Adi Heru S., M.Sc.,DTM.H

Efek Pemberian NSAID Pada Pencetusan Dispepsia, Studi Kasus di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta” – Case Report Session di Bagian Ilmu Penyakit Syaraf RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

” Interpretasi Brain-stem Evoked Response Audiometry, Pengukuran dan Prosedur ” – Case Report Session di Bagian Ilmu Penyakit Syaraf RSUD Panembahan Senopati Bantul

” Clincial Aspect of Pterygium” – Case Report Session di Bagian Ilmu Penyakit Mata RSUD Panembahan Senopati Bantul

“Gambaran Histologis Perbandingan Efek Sinyal HSDPA 3G Dengan Sinyal CDMA/GSM Pada Jaringan Otak Rattus Norvegicus”  – Joint research dengan mahasiswa  S1 FKUMY.

“Pengembangan Sistem Informasi Rumah Sakit dengan Menerapkan Semantik UMLS dan Standard HL7 pada Amal Usaha Muhammadiyah ‘Aisyiyah Bidang Kesehatan” – Joint Research 2009 dalam rangka Simposium Nasional Telemedicine 2004 di FKUMY

“Developing Ambulatory System Based on Patient Traffic Applying XML Data Exchange” – On Progress

jika ingin mendapatkan naskah lengkap, kontak aja via japri.

Research Interest

  • Medical Informatics
  • Telemedicine
  • Biomedical Engineering

Contact Me

Home : Gatak Dk.II, RT: 02, Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Mobile: +6281329277010

eMail : syaiful.fatah@gmail.com

Blog. http://syaifulfatah.staff.umy.ac.id

VOIP : 72643@voiprakyat.or.id (please call me at 09:00 – 13:00 WIB)

16 responses

2 06 2008
ardi

Wah..udah mulai ya bikin blog. Good. Tambahi tuh dengan room chat.

4 06 2008
cakmoki

wah, siiip🙂
saya harus banyak belajar di sini nih … hehehe
Met berkarya Mas, moga sukses dan bermanfaat bagi sesama.

4 06 2008
fulfat

thanks, Cak Moki sudah mampir ke blog saya, kalo dibandingkan panjenengan saya masih jauh, panjenengan sudah banyak fans dan telah tersebar di berbagai blog. InsyaAllah akan terus saya kembangkan, mudah-mudahan kita bisa saling share demi kemajuan dunia kedokteran.

10 06 2008
rere

wah…blog baru! baru sempat berkunjung nih mas….
sukses utk e learning dan e hospitalnya yaa!

jangan lupa add blog saya

15 03 2009
syaiful fatah, dr.

ternyata….ayah…. luar biasa idenya….hihi…. dan dulu bunda sangat nggak suka hal ini….tapi sekarang jadi belajar lewat blog ayah….

16 04 2009
just me

nge Blog boleh…chat monggo…buktinya masih sempet mampir2…
tapi nilai KEDOKTERAN UMY PBL JANGAN NGARET MELULU DONG MAS!!!!!!
bosen ngejar-ngejar mas Ipul terus…jadi brasa mengejar mas mas…mau jadi dokter malah jadi sprinter gara-gara sibuk ngejar2 mas ipul minta nilai…LELAH…
klo mas ipul melancarkan nilai kami, kami doain dengan ikhlas hidup mas ipul bakal lancar deh…cepet jadi spesialis pa profesor…

18 04 2009
syaiful fatah, dr.

hehe.. bisa aja kamu.. asyik dong…. nanti kalo sudah lulus kedokteran UMY, jadi dua keahliannya, dokter sprinter… he

Seharusnya kejar itu PjBlok dong, masak saya yang harus dikejar2 sedangkan tanggungjawab saya adalah pengolahan dan pengembangan SIM. coba teliti lagi deh dimana letak kelambatannya.. tapi its oke, kalo untuk memotivasi kerja lebih semangat lagi. tq.

8 07 2009
andangcharisma

sbelumnya salam kenal dari saya mas..
hum, keren tuh sempet di poli teknik 2 tahun, em tuh jadi mahasiswa ya mas..
gila malah skarang dah jadi dokter, cek cek.. malah jadi dokter yang berwawasan IT (saya salut mas..) saya juga tertarik dengan hal-hal yang ber hubungan IT dalam bidang kesehatan.. saya baca-baca artikelnya menarik banget, terutama dengan UMLS nya ntu..
artikel anda sangat memotifasi saya untuk berkarya, Trimakasih…

8 12 2009
OdyDasa

Ngisi daftar hadir dulu ah…
Wah, blog yg bagus, konten & dg tampilannya menarik.
(kayaknya mo copy themes-nya ah… ^_^)

9 12 2009
Syaiful Fatah

thanks. dah mampir dan ngisi guest book.. ntar aku mampir jg deh. salam sukses.

8 01 2010
belajaragamaislam

walaupun gak ngerti ilmu kedokteran, numpang baca ah.. cari tambahn ilmu

18 01 2010
masimet

salam kenal pak ipul. subhanallah, pak dokter tp pinter banget IT…

11 04 2010
Oni Wicaksono

Assalamu’alaikum…
Wah mas ipul, selamat ya, blognya menarik dan informatif… Awalnya mau nyari bahan2 buat tugas MMR, eh malah ngeliat ada Blog dengan nama njenengan.

Terimakasih atas pengabdiannya di UMY, semoga sukses selalu, dimudahkan oleh Nya sebagaimana telah memudahkan anak2 UMY dengan fasilitas IT nya. Semoga yang ngejar2 makin banyak (makin populer donk), siapa tau KU UMY bisa buka cabang atletik hehehehehe

Oni angkatan 2002

11 04 2010
Syaiful Fatah

oh ya mas Oni, terima kasih sudah mampir ke blog saya. blog ini dah lama nggak saya update, maklum lah.. harus banyak ngupdate fasilitas FKUMY yang lain. Ntar saya harus belajar banyak dari kamu mas Oni. kan sudah Magister, saya masih baru mau.. hehe.

Oh ya kalo boleh tahu, apa tugas MMR nya? kalo tentang IT siapa tahu bisa bantu, terutama RKE. dan namaku disebut di tesisnya… hahaha, kan keren. Oke deh, selamat mengerjakan tugas.

Salam buat para alumni FKIK UMY semuanya..

2 01 2011
2010 in review « Blog Syaiful Fatah

[…] Tentang saya […]

20 11 2012
BagusHR

halo Mas, baru saja saya iseng browsing internet dan ternyata secara tidak sengaja mampir di Blog ini… Ini yang saya cari. sangat jarang sekali Dokter yang menulis tentang Technology bahkan bisa sangat mudah dihitung. Kebetulan saya sedang mengatur sebuah acara pertemuan ilmiah. INAHICT (Indonesian Hospital ICT) Forum 1st meeeting, harapannya Mas syaiful bisa sharing the idea disini. acara ini nanti akan menggandeng beberapa institusi seperti UGM, ARSADA, KARS DSB. Begitu halnya tentang sharing Idea berupa konsep tulisan bisa juga bersama kita share dalam forum ini. Salam Kenal yach Mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: